PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN INTERNET OF THING (Tugas B.Indonesia UAS) ~ neT-Tor.com

Saturday 26 December 2015

PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN INTERNET OF THING (Tugas B.Indonesia UAS)



PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN INTERNET OF THING
Oleh Eko Prasetio (1500018031)
Internet merupakan media informasi yang biasa kita gunakan setiap waktu. Semakin berkembangnya penggunaan internet yang sangat beragam, membuat benda-benda nyata telah terkoneksi dengan internet. Jika kita dapat memanfaatkan tentunya kita mendapatkan ilmu yang sangan bermanfaat, apalagi pada zaman sekarang peralatan elektronik semakin canggih dan berkembang. Sehingga kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi-informasi dari internet itu sendiri.

Dalam jaringan internet kita dapat mengembangkan sesuatu yang  tidak mungkin menjadi mungkin karena cerdasnya zaman sekarang. Contoh yang sangat nyata yaitu Internet Of Thing (IOT), IOT merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat  dari konetivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Dengan adanya IOT kita dapat berbagi data, remote control, dan informasi penting lainya. Maka dari itulah terbentuknya sebuah konsep yang disebut dengan, Smart city.  Yaitu konsep kota cerdas yang membantu masyarakatnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau mengantisipasi terjadinya bencana. 

Cara kerja sebuah sistem IOT yaitu dengan memanfaatkan program yang dimana tiap-tiap perintah argumenya menghasilkan sebuah interaksi antara sesama perangkat elektronik yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapapun. Sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

Penerapan IOT diberbagai sektor juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dari segi Sektor transportasi IOT memungkinkan layanan seperti navigasi, diagnostic kendaraan, dan pencarian kendaraan yang dicuri. Sektor keamanan ini untuk meminimalisir tindakan kriminal, maka ditempatkan CCTV di berbagai sudut kota. Dan yang terakhir Sektor pemerintahan IOT memberika dampak besar dalam jalanya sebuah pemerintahan. IOT membantu sistem di pemerintahan dalam berbagai bidang iklan, sistem pengelolaan sampah, jaringan listrik pintar, sistem air cerdas, dan penggunaan dalam bidang industri.

Jadi, dengan adanya IOT semua benda elektronik di sekeliling kita dapat dikendalikan melalui internet. Hanya saja, konsep IOT ini tampaknya masih harus didukung dengan pola pikir manusia modern di Indonesia. Kesadaran akan lingkungan, kesadaran pemanfaatan teknologi yang maksimal, serta kesadaran pentingnya pola hidup cerdas. Itu semua adalah hal-hal yang perlu diperhatikan juga.
“Jadi versi terbaik dari diri anda sendiri.

programmer

Admin

Saya hebat karena belajar, saya tahu karena membaca, saya mahir karena praktik (try and error). Trust me, Knowledge Is King.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Sudah Berkomentar